cover
Contact Name
Ence Surahman
Contact Email
ence.surahman.fip@um.ac.id
Phone
+6287821191948
Journal Mail Official
ence.surahman.fip@um.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Malang, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran
ISSN : 24068780     EISSN : 26547953     DOI : 10.17977.um031
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran is a journal in the field of educational technology that contains literature review, action research, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018)" : 14 Documents clear
Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Kelas IV SD Wisnu Lazuardi Yusuf; I nyoman Sudana Degeng; Eka Pramono Adi
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.435 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p095

Abstract

Abstrak: Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk saling berkomunikasi dengan yang lainnya dengan menggunakan tanda, seperti isyarat dan kata. Dalam hubungannya dengan kepentingan pelestarian kebudayaan nasional, penelitian berbahasa dalam bahasa jawa merupakan hal yang penting (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1990). Di tingkat sekolah dasar hingga menengah pertama materi aksara jawa wajib di ajarkan,  khususnya di jawa timur sebagai pelajaran muatan lokal. Tujuan dari pengembangan ini  untuk menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif yang valid dan efektif, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan media R & D model Sugiyono (2013) yang dimodifikasi oleh peneliti. Validasi produk dilakukan pada ahli materi dan media serta hasil dari implementasi. Setelah dilakukan interpretasi data dari hasil validasi ahli serta hasil implementasi sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran baca dan tulis aksara jawa dengan sandhangan dinyatakan valid, efektif dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Abstract: Language is the ability possessed by humans to communicate with each other using signs, such as signals and words. In conjunction with the importance of preserving national culture, research speaking in Javanese is important (Ministry of Education and Culture, 1990). At the elementary, to the junior high school level, the Javanese script material must be taught, especially in East Java as a local content lesson. The purpose of this development is to produce a product in the form of interactive multimedia that is valid and effective so that it can be used as an alternative in achieving learning objectives. The development model in this study uses the R & D media development method model Sugiyono (2013) modified by researchers. Product validation is carried out on material and media experts and the results of implementation. After interpretation of the data from the results of expert validation as well as the results of the implementation so that it can be concluded that the reading and writing learning media of Javanese script with Sandhangan is declared valid, effective and suitable for use in learning activities.
Implementasi Kurikulum 2013 PAUD Di TK TPI Nurul Huda Malang Ferry Dwi Leksono; Sulton Sulton; Susilaningsih Susilaningsih
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.954 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p126

Abstract

Abstrak: Kurikulum merupakanacuan pokok pelaksanaan pendidikan nasional. Saat ini kurikulum yang berlaku adalah Kurikulum 2013 termasuk juga untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kurikulum 2013 PAUD mencangkup semua dimensi tumbuh kembang anak (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan mencangkup semua program pengembangan yang direncanakan dan disajikan secara terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Maka dari itu perlu adanya implementasi yang tepat agar tujuan kurikulum dapat tercapai. Penelitian kualitatif diskriptif ini mengambil subjek Kelompok A1 TK TPI Nurul Huda Malang. Berdasarkan temuan lapangan diketahui penerapan Kurikulum 2013 PAUD sudah terlaksana dengan maksimal. Dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hingga penyusunan dokumen kurikulum sudah dapat dipenuhi oleh sekolah. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum 2013 PAUD di TK TPI Nurul Huda khusunya untuk Kelompok A1 sudah terlaksana dengan baik.AbstractThe curriculum is the main reference for implementing national education. At present, the applicable curriculum is the 2013 Curriculum including also for Early Childhood Education (PAUD). Curriculum 2013 PAUD covers all dimensions of child development (attitudes, knowledge, and skills) and covers all development programs planned and presented in an integrated and sustainable manner in accordance with the stages of child development. So from that, it is necessary to have the right implementation so that curriculum objectives can be achieved. This descriptive qualitative study took the subject of Group A1 TK TPI Nurul Huda Malang. Based on the field findings it is known that the implementation of the 2013 PAUD Curriculum has been carried out to the maximum. In the learning planning process, the implementation of learning, evaluation until the preparation of curriculum documents can be fulfilled by the school. Then it can be concluded that the application of the 2013 PAUD curriculum in TK TPI Nurul Huda especially for Group A1 has been well implemented.
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang Merra Rorita; Saida Ulfa; Agus Wedi
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.205 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p076

Abstract

Abstrak: Kemajuan teknologi pada era sekarang, berpengaruh pula pada perkembangan media pembelajaran yaitu multimedia interaktif dengan pemanfaatan yang menggunakan smartphone. Hal ini memungkinkan untuk digunakan dimanapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan multimedia interaktif berbasis mobile learning pokok bahasan perkembangan teori atom yang tervalidasi dan efektif dalam kegiatan pembelajaran Kimia kelas X SMA. Pengembangan ini telah melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi sesuai dengan model pengembangan Lee dan Owens (2004). Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba media ini adalah siswa kelas X IPA SMA Panjura Malang. Pengembangan ini menghasilkan kriteria valid dengan perolehan total persentase ahli media 96,25%, ahli materi 87,5%, uji coba perseorangan 86,25%, uji coba kelompok kecil 86,25% dan uji coba lapangan 89,48%. Selain itu, Multimedia interaktif berbasis mobile learning ini dikategorikan efektif untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran berdasarkan pada ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100%.Abstract: Technological advances in the current era also affect the development of learning media, namely interactive multimedia with the use of smartphones. This makes it possible to use wherever and whenever. The purpose of this study is to produce interactive multimedia based on mobile learning, the subject matter of the development of validated and effective atomic theory in class X learning activities in high school chemistry. This development has gone through the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation in accordance with the development model of Lee and Owens (2004). Product validation is carried out on media experts and material experts. The target of this media trial is the tenth-grade students of Panjura High School Science Malang. This development results in invalid criteria with the acquisition of a total percentage of media experts 96.25%, material experts 87.5%, individual trials 86.25%, small group trials 86.25% and field trials 89.48%. In addition, interactive learning based on mobile learning is categorized as effective for use in learning activities based on the completeness of student learning outcomes reaching 100%.
Analisis Pembelajaran Bela Diri Militer Di SMAN Taruna Nala Jawa Timur Terhadap Sudut Pandang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Lu'luil Maknuunah; Zainul Abidin; Saida Ulfa
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.533 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p099

Abstract

Abstrak: Bela Diri Militer merupakan implementasi kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman di SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman merupakan kurikulum pendamping kurikulum 2013 yang keduanya saling terintegrasi. Kurikulum Bela Negara dan Kemaritiman memiliki standar proses pelaksanaan yang tercantum dalam dokumen kurikulum Pendidikan Bela Negara dan Kemaritiman, sedangkan kurikulum 2013 memiliki standar proses yang diatur oleh Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis pembelajaran Bela Diri Militer terhadap sudut pandang standar proses pendidikan dasar dan menengah (Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016). Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memaparkan bahwa desain pembelajaran Bela Diri Militer tidak sama seperti desain pembelajaran berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, pelaksanaan pembelajaran Bela Diri Militer secara umum sama seperti pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, penilaian hasil pembelajaran Bela Diri Militer secara umum sama seperti pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 meskipun tanpa penilaian proses pembelajaran, dan pengawasan oleh assessor tidak dilaksanakan untuk mata pelajaran Bela Diri Militer.Abstract: Military Martial Arts are the implementation of the Bela Negara and Maritime curriculum at SMAN Taruna Nala, East Java. The Bela Negara and Maritime Curriculum is a 2013 curriculum that is both integrated. The Bela Negara and Maritime Curriculum have a standard implementation process that is listed in the Bela Negara and Maritime Education curriculum document, while the 2013 curriculum has a standard process regulated by the Minister of Education and Culture No. 22 of 2016. This study was conducted to analyze Military Self-Defense learning from the standard point of view of the educational process basic and secondary (Permendikbud Number 22 the Year 2016). The research method applied in this study is a qualitative descriptive method. The results of the study explained that the design of Military Self-Defense learning was not the same as learning design based on Minister of Education and Culture Number 22 the Year 2016, the implementation of Military Self-Defense learning, in general, was the same as the implementation of learning based on Minister of Education and Culture Number 22 Year 2016, generally learning based on Permendikbud Number 22 Year 2016 although without an assessment of the learning process, and supervision by the assessor was not implemented for Military Self Defense subjects.
Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smartphone Android Materi Huruf Hiragana Pada Pelatihan Bahasa Jepang SMA Ma’arif NU Pandaan Raden Adhika Putra; Dedi Kuswandi; Arafah Husna
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.627 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p138

Abstract

Abstrak: Huruf hiragana merupakan materi dasar dari bahasa jepang yang harus dipahami oleh pebelajar. Huruf hiragana harus diperhatikan bentuk penulisannya, karena jika salah menulis maka akan berbeda juga artinya. Siswa SMA Ma’arif NU Pandaan kesulitan dalam hal visualisasi, sehingga perlu adanya penguatan informasi dengan gambar yang disajikan.. Aplikasi ini berisi tentang bagaimana cara menuliskan huruf hiragana dengan benar melalui animasi, sehingga siswa dapat memahami cara menulis huruf hiragana dengan baik dan benar. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini untuk menghasilkan produk aplikasi mobile learning berbasis smartphone android yang digunakan pada pelatihan bahasa jepang materi huruf hiragana yang valid dan efektif yang diterapkan pada siswa SMA Ma’arif NU Pandaan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Lee dan Owens dengan alur : 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa pelatihan bahasa jepang SMA Ma’arif NU Pandaan berjumlah 15 siswa. Data yang didapat dari lapangan yaitu sebagai berikut, ahli media 96.20%, ahli materi 81.00%, uji coba perseorangan 80.00%, uji coba kelompok kecil 83.00%, uji coba lapangan 80.58%. Aplikasi ini dinyatakan efektif dilhat dari hasil belajar siswa yang menunjukan 12 siswa mencapai KKM/kriteria ketuntasan minimal atau sebesar 80%. Hanya 3 siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal.Abstract: Hiragana letters are the basic material of the Japanese language that must be understood by students. Hiragana letters must be considered the form of writing because if you write wrong it will also have different meanings. High school students Ma'arif NU Pandaan have difficulties in terms of visualization, so there is a need to strengthen information with the images presented. This application is about how to write hiragana letters correctly through animation, so students can understand how to write hiragana letters properly and correctly. The purpose of the development of this application is to produce an Android smartphone-based mobile learning application product that is used in Japanese language training invalid and effective hiragana letter material that is applied to high school students Ma'arif NU Pandaan. This study uses a development model from Lee and Owens with a plot: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Evaluation. The research subjects in the validation were 15 Japanese language high school students Ma'arif NU Pandaan training students. Data obtained from the field are as follows, media experts 96.20%, material experts 81.00%, individual trials 80.00%, small group trials 83.00%, field trials 80.58%. This application is declared effective from the student learning outcomes which shows that 12 students reach the KKM / completeness criteria of at least 80%. Only 3 students who have not achieved the minimum completeness criteria.
Pengembangan Buku Suplemen 3D Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan untuk Siswa Kelas III SD Irfanda Jamhari; Susilaningsih Susilaningsih; Saida Ulfa
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.442 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p070

Abstract

Abstrak: Kegiatan belajar merupakan suatu aktifitas yang tidak akan terpisahkan selama manusia hidup. Dan seiring perkembangan zaman,kemajuan teknologi terus melesat canggih sehingga dalam proses pembelajaran juga hendaknya memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan buku suplemen dengan teknologi augmented reality pada mata pelajaran tematik tema lingkungan tentang perkembangbiakan hewan yang tervalidasi dalam kegiatan pembelajaran tematik SD kelas III. Pengembangan ini telah melalui tahap pengumpulan informasi,prencanaan,pengembangan produk,uji coba lapangan tahap awal,revisi,uji coba lapangan dan revisi produk akhir selaras dengan model pengembangan Borg and Gall (Sugiyono,2012:297) yang sudah di modifikasi sesuai kebutuhan peneliti. Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan ahli materi. Sasaran uji coba media ini adalah siswa kelas III SDN 01 Jedong Malang. Pengembangan ini menghasilkan kriteria valid dengan perolehan total persentase ahli media 96,42%, ahli materi 84,2%, dan uji coba lapangan 83,43%. Sehingga buku suplemen dengan teknologi augmented reality ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan di lapangan. Abstract: Learning activities are activities that will not be separated as long as humans live. And along with the times, technological progress continues to accelerate so that in the learning process it should also take advantage of these technological advances. The purpose of this study is to produce supplementary books with augmented reality technology on thematic subjects on environmental themes about animal breeding that are validated in SD class III thematic learning activities. This development has gone through the stages of information collection, planning, product development, initial field trials, revisions, field trials and final product revisions in line with the Borg and Gall development model (Sugiyono, 2012: 297) which has been modified according to the needs of researchers. Product validation is carried out on media experts and material experts. The target of this media trial is the third-grade students of SDN 01 Jedong Malang. This development produced valid criteria with the total percentage of media experts 96.42%, material experts 84.2%, and 83.43% field trials. So that supplement books with augmented reality technology are declared valid and feasible for use in the field. 
Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Kurikulum Muatan Lokal Ekopedagogi Dalam Membangun Karakter Siswa Di SDN Lowokwaru 2 Malang Nia Hidayanti; Zainul Abidin; Arafah Husna
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.47 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p106

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan, isi, sumber belajar, proses pembelajaran, dan penilaian pembangunan karakter dari kurikulum muatan lokal ekopedagogi PLH di SDN Lowokwaru 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan uji kredibitasi dan uji dependability. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, penginterpretasian data, dan pengecekan keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tujuan kurikulum muatan lokal ekopedagogi PLH di sekolah ini adalah menerapkan sekolah berbudaya peduli lingkungan dan membekali siswa supaya bertanggung jawab dalam kegiatan pelindungan, pelestarian, dan pencegahan perusakan lingkungan dan sumber daya alam, serta pelestarian fungsi lingkungan di sekolah. (2) Isi kurikulum muatan lokal ekopedagogi PLH adalah pengintegrasian materi mengenai lingkungan hidup dalam indikator pembelajaran dan kegiatan pembelajaran di berbagai mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan. (3) Sumber belajar yang digunakan pada saat Pendidikan Lingkungan Hidup adalah buku tematik, lingkungan sekitar, dan teladan perilaku guru. (4) Proses pembelajaran muatan lokal ekopedagogi PLH di SDN Lowokwaru 2 dilakukan secara terintegrasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, permainan, dan bermain peran.Namun penggunaan media pembelajaran di SDN Lowokwaru 2 belum dilaksanakan secara optimal. (5) Penilaian pembangunan karakter siswa dalam muatan lokal ekopedagogi PLH di SDN Lowokwaru 2 menggunakan penilaian otentik yang diambil dari nilai tugas, laporan, dan pengamatan kepada setiap siswa menggunakan catatan anekdot.Abstract: This study aims to describe the purpose, content, learning resources, learning process, and character development assessment of the local eco-pedagogy PLH curriculum in SD Lowokwaru 2. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques used were participant observation, in-depth interviews, and documentation. The validity of the data was tested by the credibility test and dependability test. Data analysis activity starts from collecting data from observations, interviews, and documentation, interpreting data, and checking the validity of data. The results of the study show that: (1) The objective of the PLH local eco-pedagogy curriculum in this school is to implement environmentally-conscious culture schools and equip students to be responsible for protection, preservation, and prevention of environmental and natural resource destruction, and preservation of environmental functions in school. (2) Contents of the local content curriculum PLH eco-pedagogy is the integration of material about the environment in the indicators of learning and learning activities in a variety of suitable subjects to be integrated. (3) Learning resources used when Environmental Education is thematic books, the surrounding environment, and examples of teacher behavior. (4) The learning process of local eco-pedagogy PLH content at Lowokwaru 2 Elementary School is carried out in an integrated manner. The learning method used is the method of lecture, demonstration, discussion, question and answer, assignment, game, and role-playing. However, the use of learning media in SDN Lowokwaru 2 has not been optimally implemented. (5) Assessment of student character development in the local content of PLHE eco-pedagogy at Lowokwaru Elementary School 2 using authentic assessments taken from assignments, reports, and observations to each student using anecdotal notes.
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi-Debat Pada Mata Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Hudud Terhadap Kemampuan Presentasi Siswa Kelas XI Di MAN 2 Blitar Roidatun Nazihah; Zainul Abidin; Arafah Husna
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.619 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p132

Abstract

Abstrak: Metode pembelajaran Resitasi-Debat dalam penelitian ini merupakan penggabungan dari 2 metode yang berbeda.  Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi permasalah yang diperoleh yaitu kurangnya penguasaan materi pembelajaran fiqih dan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut khususnya berkomunikasi secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan metode resitasi-debat dalam upaya meningkatan kemampuan presentasi siswa. Dalam penelitian ini mengambil materi Hudud sub bab Mencuri dan minum khamr pada mata pelajaran Fiqih. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Pra-eksperimen, One Shot Case Study. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi dengan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan skor persentase untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberiperlakuan. Hasil Analisis data yang diketahui dari hasil observasi di kelas eksperimen dalam proses penerapan metode resitasi debat diperoleh nilai rata-rata 84,5 %. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria baik sekali. Sedangkan pada kelas control dalam proses pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 69,1 % termasuk dalam kriteria cukup. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menerapkan metode resitasi–debat mempengaruhi kemampuan prsentasi siswa secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran ceramah dan diskusi pada proses pembelajaran Fiqih, pokok bahasan hudud kelas XI di MAN 2 Blitar. Abstract: Debate-Recitation learning method in this study is a combination of two different methods. Based on the results of interviews and the results of observations the problems obtained were lack of mastery of fiqh learning material and lack of active students in participating in the learning especially communicating orally. This study aims to determine the implementation of the recitation-debate method in an effort to improve student presentation skills. In this study, the Hudud sub-chapter took Stealing and drinking khamr on Fiqh subjects. The research design used was a Pre-experimental research design, One-Shot Case Study. The data collection method used is the Observation technique with the observation sheet. Data analysis techniques used a percentage score to find out differences in the experimental class after being treated. The results of data analysis that was known from the results of observations in the experimental class in the process of applying the debate recitation method obtained an average value of 84.5%. So that can be included in the criteria very well. Whereas in the control class in the learning process the average value of 69.1% is included in the criteria enough. The conclusion of this study shows that treatment by applying the debate-recitation method significantly influences students' ability to interpret compared to those who use lecture learning and discussion in the Fiqh learning process, the subject of class XI's hudud in MAN 2 Blitar
Evaluasi Program Pembelajaran Full Day School Di SDN Bunulrejo 2 Malang Ardyanovanti Rahayu; Zainul Abidin; Susilaningsih Susilaningsih
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.263 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p082

Abstract

Abstrak: Program pembelajan full day school merupakan salah satu program SDN Bunulrejo 2 Malang dimana dalam penerapannya terbilang cukup baru. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ketercapaian program berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 mengenai Hari Sekolah. Penelitian ini menggunakan model evalasi CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam meliputi Context, Input, Proces, dan Product. Didalam penelitianini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil evaluasi program pembelajaran full day school yang dilakukan di SDN Bunulrejo 2 Malang diperoleh kesimpulan  bahwa sekolah tersebut dapat melanjutkan program pembelajaran full day school, karena mampu memberikan manfaat dalam memfasilitasi bakat dan minat siswa serta mampu memenuhi kebutuhan orang tua siswa yang mayoritas adalah pekerja. Berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh, terdapat beberapa rekomendasi yang diberikan agar program pembelajaran full day school di SDN Bunulrejo 2 Malang dapat mencapai tujuan yaitu 1) perlu adanya penambahan ruangan yang digunakan untuk menunjang kegiatan ekstrakulikuler guna menunjang ketercapaian program, 2) perlunya motivasi yang diberikan guru kepada siswa agar memiliki kesadaran tinggi dalam memacu prestasi akademiknya, 3) orang tua siswa perlu adanya kerjasama, dukungan, serta dukungan moril untuk menjadikan pribadi siswa menjadi lebih baik.Abstract: The full-day school learning program is one of the programs at SDN Bunulrejo 2 Malang where the application is fairly new. The purpose of this research is to find out the achievement of the program based on the Minister of Education and Culture Number 23 of 2017 concerning School Day. This study uses the CIPP evaporation model developed by Stufflebeam including Context, Inputs, Processes, and Products. In this study, researchers used qualitative methods using data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation studies. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusions. From the evaluation of the full-day school learning program conducted at SDN Bunulrejo 2 Malang, it was concluded that the school could continue the full-day school learning program because it was able to provide benefits in facilitating students' talents and interests and was able to meet the needs of the majority of parents. Based on the evaluation results obtained, there are several recommendations given so that the full-day school learning program at SDN Bunulrejo 2 Malang can achieve the objectives, namely 1) the need for additional space used to support extracurricular activities to support program achievement, 2) the need for motivation given by the teacher to students to have a high awareness in spurring academic achievement, 3) parents of students need cooperation, support, and moral support to make students better.
Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Mochammad Arbayu Maulidina; Susilaningsih Susilaningsih; Zainul Abidin
Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran Vol 4, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.625 KB) | DOI: 10.17977/um031v4i22018p113

Abstract

Abstrak: Berkembangnya teknologi selalu banyak inovasi  dan mengalami kemjuan yang sangat cepat. Banyak orang dewasa memanfaatkannya dalam dunia pekerjaan dan anak-anak memanfaatkannya untuk bermain game/permainan. Bermain adalah aktivitas yang paling disukai oleh anak, selain bermain anak-anak perlu mendapatkan proses pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah. Selalu dibutuhkan invoasi baru dan butuh menggunakan cara khusus dalam mengajak anak untuk belajar. Salah satu inovasinya  adalah dengan dikembangkannya aplikasi game based learning berbasis pendekatan saintifik. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk menghasilkan aplikasi atau media pembelajatan yang valid yang di terapkan di siswa kelas iv SDN Urangagung Sidoarjo, Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengembangan yang telah dimodifikasi menurut Sugiyono. Langkah-langkah penelitian yaitu Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Validasi desain, Desain produk, Revisi Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Produk Akhir. Berdasarkan hasil penelitian aplikasi game based learning dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.Abstract: The development of technology is always a lot of innovation and experiencing very fast progress. Many adults use it in the world of work and children use it to play games. Playing is the most preferred activity by children, besides playing children need to get the learning process that is usually done at school. New invoices are always needed and need to use special ways to invite children to learn. One of the innovations in the development of game-based learning applications based on the scientific approach. The purpose of the development of this application is to produce valid learning applications or media that are applied in class IV Urangagung SDN Sidoarjo. The research method used is to use a modified development method according to Sugiyono. The research steps are potential and problems, data collection, design validation, product design, design revision, product testing, product revision, final product. Based on the results of the research game application learning is declared valid and feasible to use in learning.

Page 1 of 2 | Total Record : 14